Cara Restore dan Backup Chat WhatsApp yang Sudah Terhapus

Banyak orang yang tidak melakukan backup pesan, foto, ataupun video yang ada di WhatsApp, sehingga ketika hilang bingung cara mengembalikannya lagi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara restore chat WhatsApp sebelum di backup.


WhatApp saat ini telah menjadi salah satu aplikasi pengirim pesan yang banyak digunakan. Tentu saja alasannya karena mudah digunakan dan gratis. Dengan menggunakan WhatsApp, seseorang menjadi lebih mudah berhubungan dengan orang lain.

Sebagai aplikasi chatting yang digunakan setiap hari, tentu saja Anda memiliki pesan atau media penting yang ada di WhatsApp. Ketika pesan atau media penting tersebut tiba-tiba hilang, maka Anda harus mengetahui cara restore chat WhatsApp.

Banyak orang yang tidak melakukan backup pesan, foto, ataupun video yang ada di WhatsApp, sehingga ketika hilang bingung cara mengembalikannya lagi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara restore chat WhatsApp sebelum di backup.

Cara Restore Chat WhatsApp

cara backup dan restore whatsapp

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang hilang. Berikut ini ulasannya:

1. Restore Chat dengan Backup Lokal

Ketika Anda membeli ponsel baru tentu saja chat WhatsApp yang ada di ponsel lama akan hilang. Lalu bagaimana cara mengembalikannya? Nah, cara restore chat WhatsApp untuk ponsel baru ialah menggunakan backup Google Drive.

Apabila Anda akan menggunakan backup lokal, maka semua file dapat ditransfer ke ponsel baru menggunakan kartu SD, file explorer, dan komputer. Data biasanya tersimpan di folder sdcard/WhatsApp atau di penyimpanan internal.

Ponsel hanya akan menyimpan file-file backup lokal selama tujuh hari terakhir. Apabila Anda ingin mengembalikan pesan atau media yang sudah terhapus lama silahkan ikuti cara restore chat WhatsApp di bawah ini:

  • Langkah yang pertama unduh aplikasi file manager.
  • Pada aplikasi tersebut buka sdcard>WhatsApp>Database. Apabila data tidak ada di SD card, maka Anda bisa membuka “Penyimpanan Utama” atau “Penyimpanan Internal”.
  • Langkah yang selanjutnya gantilah nama file backup yang ingin dipulihkan yakni “msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12”. Ganti menjadi “msgstore.db.cryt12”. File backup yang sudah lebih lama juga memiliki protokol yang lebih lama pula, seperti crypt10. Penting untuk tidak mengubah pada nomor ekstensi crypt-nya.
  • Lalu hapus dan install ulang aplikasi WhatsApp.
  • Saat diminta pilih restore.

2. Restore Chat WhatsApp dengan Google Drive

Cara restore chat WhatsApp yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan Google Drive. Cara restore chat WhatsApp yang satu ini bisa Anda lakukan jika ponsel tiba-tiba rusak dan harus menginstall ulang aplikasi WhatsApp.

Saat chat WhatsApp tiba-tiba hilang tentu saja Anda ingin segera memulihkannya bukan? Terlebih lagi jika chat WhatsApp tersebut merupakan chat yang penting. Biasanya chat WhatsApp hilang karena berbagai hal, seperti ponsel rusak, tidak sengaja terhapus, dan ganti ponsel baru. Berikut ini cara restore chat WhatsApp dengan Google Drive:

  • Langkah yang pertama buka aplikasi WhatsApp
  • Lalu pilih ‘Agree and continue’
  • Masukkan nomor telepon agar diverifikasi
  • Pilih ‘Next’
  • Pilih ‘OK’
  • Pilih ‘Continue’ lalu ‘Restore’
  • Masukkan nama WhatsApp Anda dan pilih ‘Next’.

3. Backup WhatsApp dari Android ke iPhone

Selain mengetahui cara restore chat WhatsApp, sebaiknya Anda juga mengetahui cara backup WhatsApp sebagai langkah antisipasi agar chat bisa dikembalikan sewaktu-waktu. Jika Anda ingin beralih jenis ponsel, misalnya dari Android ke iPhone, maka bisa melakukan backup WhatsApp dengan mudah.

Proses pemulihan data WhatsApp akan lebih mudah dilakukan apabila sebelumnya Anda telah melakukan backup data pada ponsel Android. Hal ini dikarenakan data yang sudah dibackup akan tersimpan di Google Drive, sehingga saat dibutuhkan mudah dikembalikan.

Sedangkan pada iPhone bisa menggunakan aplikasi iCloud. Karena beda jenis aplikasi yang digunakan untuk backup data, sehingga Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga agar chat WhatsApp dari Android bisa muncul lagi  di iOS.

Cara Backup Chat WhatsApp

cara melakukan backup data ponsel

Seperti yang telah disinggung di atas, jika mengetahui cara backup chat WhatsApp merupakan hal yang penting selain cara restore chat WhatsApp. Sebelum Anda mengganti ponsel sebaiknya melakukan backup WhatsApp terlebih dahulu agar chat dan media penting bisa dikembalikan di ponsel yang baru.

Dengan melakukan backup data, maka suatu ketika ponsel hilang atau rusak, proses restore menjadi lebih mudah dilakukan. Cara mengaktifkan fitur backup ini sangatlah mudah, yakni dengan masuk ke aplikasi WhatsApp, lalu aktifkan fitur backup nya. Jika fitur backup ini sudah aktif, maka chat atau media di WhatsApp yang terhapus bisa dipulihkan kembali.

Hasil backup akan tersimpan setiap harinya secara otomatis, tentu saja sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih. Dengan mengaktifkan fitur backup, maka data yang tersimpan di WhatsApp menjadi lebih aman. Suatu ketika terhapus secara sengaja atau tidak sengaja dapat segera dipulihkan.

Dengan melakukan backup data, maka saat Anda mengganti ponsel secara otomatis data di ponsel yang lama dapat dipulihkan. Selain data dari WhatsApp, sebaiknya Anda juga melakukan backup pada data lain yang ada di ponsel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Keuntungan Melakukan Backup Data di Ponsel

Back up data

Banyak orang yang malas melakukan backup data karena memerlukan biaya data untuk mengunggahnya. Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya sepadan dengan hasilnya, karena Anda dapat mendapatkan data yang sudah hilang dari ponsel dengan mudah.

Meskipun tidak semua data harus dibackup, setidaknya Anda harus melakukan backup pada data-data yang penting. Backup dilakukan untuk berjaga-jaga agar data penting di ponsel tetap aman. Saat Anda telah melakukan backup chat WhatsApp, maka cara restore chat WhatsApp mudah dilakukan.

Dengan melakukan backup data, maka penyimpanan data menjadi lebih mudah dan keamanannya juga terjaga. Jika terjadi suatu kesalahan, maka Anda dapat segera memperbaikinya dengan memulihkan data atau restore data. Proses restore data juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Akses aplikasi atau data yang sudah dibackup juga lebih mudah, karena bisa dilakukan dimana saja meskipun dengan perangkat yang berbeda.

Hal yang Menyebabkan Backup Chat WhatsApp Gagal

Hal yang menyebabkan backup data gagal

Saat Anda akan melakukan backup chat WhatsApp namun gagal, maka ada hal-hal yang menyebabkan gagalnya proses backup, seperti contohnya Google Drive yang tidak terhubung dengan akun yang Anda gunakan. Akun Google harus sama dengan akun Google Drive agar bisa menyinkronkan.

Selain itu, bisa juga karena Anda menggunakan nomor telepon yang berbeda dengan yang dulu telah digunakan untuk backup. Proses backup data juga bisa gagal karena kartu penyimpanan rusak atau riwayat chat sudah rusak.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang hilang. Setelah mengetahui cara restore chat WhatsApp maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika suatu ketika chat dan media penting di WhatsApp tiba-tiba menghilang. Sebaiknya jangan menyepelekan untuk backup data, karena nantinya akan menguntungkan Anda sendiri. Demikian informasi tentang cara restore chat WhatsApp. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar